TANAMAN INI JADI PENANDA KEBERADAAN BERLIAN DIAWAH TANAH, CARI YUK!

blogger templates
ASSALAMUALAIKUM... SALAM SEJAHTERA.

Kamu tahu tanaman pandan? Kamu yang suka kuliner pasti tak asing dengan tanaman ini. Pandan biasanya dipakai sebagai tambahan penyedap makanan dan minuman. Namun, pohon pandan yang satu ini terbilang istimewa. Sebab, keberadaannya menjadi tanda berlian tersimpan di bawahnya.

Adalah Pandanus candelabrum, jenis pandan berduri dan termasuk tanaman langka asal Afrika ini oleh ilmuwan Universitas Miami, Amerika Serikat, dikatakan adalah jenis tanaman yang pilih-pilih tempat untuk tumbuh. Disebutkan bahwa tanaman langka ini hanya tumbuh di atas bebatuan yang disebut kimberlite pipes, seperti yang dilansir dari sciencemag.org, Kamis (16/6).
Menurut ahli geologi khusus riset berlian di Universitas Miami, kimberlite pipes adalah kolom bebatuan vulkanik yang berbaris ratusan meter ke dalam bumi, biasanya banyak mengandung berlian.

Seperti yang sudah diketahui, berlian merupakan jenis batuan mulia yang terbentuk jauh di dalam tanah. Berlian baru akan naik ke permukaan setelah terdorong oleh aktivitas vulkanik gunung berapi. Lalu, berlian-berlian itu akan terkumpul di dalam pipa bawah tanah yang disebut kimberlite.

Dijelaskan lebih lanjut tanaman Pandanus hanya tumbuh di bebatuan ini karena kaya akan kandungan magnesium, potassium dan fosfor. Tak ayal, pandan langka tersebut kemudian menyabet gelar tumbuhan pertama yang menjadi tanda keberadaan berlian. Padahal, awalnya pandan ini tidak pernah dilirik karena dianggap sebagai tumbuhan gurun biasa.

Akan tetapi, menemukan Pandan P candelabrum tidaklah mudah. Sebab, pandan langka ini biasanya tumbuh tersembunyi di tengah-tengah semak-semak padang gurun Afrika. "Pemburu berlian pasti akan berlomba-lomba menemukan pandan langka ini bak orang gila," ujar ahli geologi Universitas Miami.
(Sumber: brilio)

Sekian dari informasi tersebut, semoga bermanfaat...


0 Response to "TANAMAN INI JADI PENANDA KEBERADAAN BERLIAN DIAWAH TANAH, CARI YUK!"

Poskan Komentar