ASIKKK... SECARA TEGAS MENTERI ANIES MEMPERMUDAH KENAIKAN PANGKAT UNTUK GURU

blogger templates
Assalamualaikum... Salam sejahtera bagi Rekan-rekan Pendidikan semua.

Pelaksana Tugas Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Unifah Rasidi mengatakan, banyak guru di Indonesia yang tidak dapat memproses kenaikan pangkat mereka karena sistem administrasi dan birokrasi yang rumit.

Menurut Unifah, sekitar 600 ribu guru di Indonesia terpaksa memendam keinginan mereka mendapatkan pangkat yang lebih tinggi. Persyaratan yang berkelit dan kinerja aparatur negara yang lamban merupakan penyebab utama.
"Mereka tidak bisa naik pangkat, terutama dari tingkat 4A ke 4B. Proses yang harus dihadapi sangat rumit dan disertai syarat yang sering tidak masuk akal," ujarnya, Senin (20/6).

Unifah menuturkan, untuk memproses kenaikan pangkat, selama ini seorang guru membutuhkan waktu setidaknya dua hingga empat tahun. Pada proses itu, sang guru diharuskan menulis karya ilmiah atau penelitian yang kemudian akan diuji dalam sejumlah tahap. Proses verifikasi dan pengujian berkas penelitian ini, menurut Unifah, merupakan tahap yang sangat panjang. Ia berkata, sebelum tahap pengesahan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, suatu penelitian harus melalui berbagai tingkatan.

"Tim pemeriksa akan mengembalikan berkas jika terdapat struktur penulisan yang kurang. Nanti guru perbaiki dan kirim

lagi. Tapi bisa jadi yang menerima tim pemeriksa lain. Kan setiap pemeriksa punya pandangan berbeda. Ini akan munculkan bolak-balik berkas," kata Unifah.

Lebih dari itu, menurut Unifah, kenaikan pangkat sebenarnya tak akan berpengaruh besar bagi kesejahteraan guru. Akan tetapi, kenaikan pangkat, kata dia, akan menunjang karier guru.

"Itu baru kenaikan pangkat, belum sertifikasi dan tunjangan profesi bagi guru. Guru itu menjadi hanya sebagai objek. Kenaikan pangkat itu hanya salah satu persoalan dari berbagai persoalan teknis yang membelenggu guru," tuturnya.

11 Juni lalu, Mendikbud Anies Baswedan menulis memo untuk para pejabat di kementeriannya. Pada memo itu, ia meminta tahapan kenaikan pangkat guru dipermudah.

Secara tegas, Anies mengancam para petinggi Kemendikbud yang tidak menyelesaikan persoalan menahun tersebut.

"Jika Bapak dan Ibu menemui kendala, ada yang menolak untuk berubah, ada yang tidak sanggup untuk menyederhanakan proses, maka tegur dengan keras dan tegas. Beri aba-aba untuk minggir dari barisan," tulis Anies.
(Sumber: infopgri)

Sekian dari informasi tersebut, semoga bermanfaat...

9 Responses to "ASIKKK... SECARA TEGAS MENTERI ANIES MEMPERMUDAH KENAIKAN PANGKAT UNTUK GURU "

  1. Alhamdulillah, terima kasih...

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, terima kasih...

    BalasHapus
  3. tolong jika betul dipermudah terbitkan regulasi sekaligus juknisnya jadi ada pegangan yang jelas.

    BalasHapus
  4. Mudahnya dimana ya ? kok tidak ada penjelasan khusus ( SK, Permen,perpu atau sejenisnya), perlu ada bukti

    BalasHapus
  5. mana.... apanya yang berubah......??????
    tolong jelaskan...

    BalasHapus
  6. Mari Buat Mereka Tersenyum, Membeli = Beramal, Silahkan sebagai bahan Pembelajaran untuk anak :
    1. DVD Anak Islami 2 DVD berisi 220-an Film anak islami, Alternatif tontonan yang sangat bagus untuk Anda yang peduli pada pendidikan agama anak, penuh hikmah yang ditujukan untuk anak-anak, Cocok untuk anak yang masih kecil dan sangat polos masalah agama.
    2. DVD TRAINING "ENGLISH THERAPY" Metode amat Efektif sekeluarga Jago Bhs Inggris, Pemateri: Motivator Muda, Mr.Dee, 1 Paket 2 DVD : Seri 1: English Athmosphere, English Mix (Verb & Nouns) Grammer Acceleration, Grammer As the lesson. Seri 2: English Mentality, Memory up Grade, Memory Challange, Pretending Art. DVD ini Memuat teknik & langkah dahsyat menguasai Bhs.Inggris, amat tepat dipraktekan di rumah & sekolah.
    3. VCD Animasi Bergambar juz 30 dengan Qori Internasional : Berisikan Murottal dengan tampilan animasi menarik, disertai dengan tampilan ayat2 AlQur'an disertai terjemahan, sangat bagus untuk media hafalan
    Harga yang kami tawarkan 150 ribu, namun Sekecil apapun bantuan bapak ibu/ sdara semuanya akan sangat bermanfaat , untuk pemesanan silahkan hubungi sms/WA 085220275400 Untuk bapak/Ibu Sdr/I yang mau membantu Anak yatim dan tak mampu serta santunan silahkan bisa mentransfer ke Bank BRI No rek 133701002894530 a.n Yayasan Generasi Ilmu dan Konfirmasi ke Yayasan Generasi Ilmu di No Telp. 085220275400 kunjungi www.ygil.or.id

    BalasHapus
  7. Ah ga percaya kl blm dibuktikan. Ayo pada usul betul mudah atau cuma mudah-mudahan hehee

    BalasHapus
  8. saat ini banyak pejabat / petinggi negara memang sibuk dg pencitraan diri...

    tetap saja sulit. contohnya... kenaikan pangkat dibutuhkan kredit minimal 3 dari unsur PKB-PKG yg nilai itu baru bisa diraih jika ikut diklat minimal 100 jam atau 10 hr. sertifikatnya yg berlaku hanya yg diterbitkan oleh balai diklat dan LPMP. ironisnya dlm 1thn kuota diklatutk 1 kota hanya 1-2 org utk 1 jenis diklat... dan peserta yg ikut diklat berdasarkan penunjukan dari dinas kota. bayangkan jika di satu kota ada 20 guru bahasa indonesia artinya akan ada guru yg baru ikut diklat setelah menunggu antrean penunjukkan selama 10 thn. klo ga diklat ? ga bisa naik pangkat bro...

    BalasHapus